Sensasi Offroad di Gunung Kelud

Hallo teman-teman, kali ini saya mau menceritakan pengalaman waktu main ke Kelud Adventure. Apa sih Kelud Adventure itu? Kelud Adventure merupakan salah satu destinasi wisata baru menikmati indahnya Gunung Kelud dengan cara yang berbeda, yakni dengan menggunakan jeep. Yap, mungkin bisa dikatakan wisata offroad yang ada di Gunung Kelud lebih tepatnya.
Perjalanan di Kelud Adventure
Waktu itu saya bisa menikmati serunya Kelud Adventure secara tidak sengaja saat mendapat undangan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Kediri dan kebetulan lokasinya di Gunung Kelud. Kebetulan salah satu kegiatannya yakni menyusuri medan terjal Kelud dengan menggunakan Jeep. Jam 7 pagi saya sudah sampai pintu masuk Kelud dan gerombolan Jeep sudah siap meluncur ternyata, untung saya tidak telat hehe. Langsung saja saya naik ke salah satu Jeep yang masih kosong tempat duduknya. Baca juga: Kampung Anggrek wisata kekinian di Kediri
Untuk start dari Kelud Adventure sendiri berada disebelah kanan dari gerbang pintu masuk wisata Gunung Kelud atau sebelahnya gedung theater Kelud. Oiya sebelum berangkat jangan lupa menggunakan masker yang dapat didapat di basecamp Kelud Adventure, bisa minta ke crew secara gratis kok. Soalnya ketika sudah masuk ke medan Kelud Adventure ibarat berada di padang pasir, debu-debu berterbangan mengganggu pernafasan dan pengelihatan. Jarak Kelud Adventure sendiri kurang lebih sekitar 13 KM, itu merupakan paket yang paling komplit. Di perjalanan saya bisa menikmati pemandangan Kelud dari sisi lain yang tidak semua orang bisa menemukan spot tersebut.
Istirahat di Rest Area I
Diperjalanan kita akan berhenti istirahat sejenak di beberapa titik. Yang pertama yakni di Rest Area, disini kita bisa menikmati sejuknya Kelud disebuah rumah bambu dengan suguhan camilan pedesaan seperti pisang godog, ketela godog, dan aneka umbi-umbian dengan ditemani kopi hitam, mantab. Setelah istirahat sejenak kita lanjut menuju medan Kelud Adventure lagi dengan jalanan super ekstrim dan memacu adrenalin. Selain perkebunan, kita juga bakalan menemukan pemandangan semacam padang sabana gitu, keren banget pokok kalau buat selfie-delfie hehe. Kemudian kita lanjut ke Rest Area berikutnya yakni di Taman Margomulyo. Sebenarnya acara undangan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Kediri itu ya disini hehe, jadi disini kita agak lama juga sih. Semacam ngobrol santai gitu bareng beberapa Kepala Dinas yang ada di Kab. Kediri dan juga Bapak Sutrisno (Mantan Bupati Kediri).
Makan-makan di Taman Margomulyo
Setelah itu kita makan-makan ngisi energi untuk persiapan melanjutkan petualangan lagi hehe. Tujuan selanjutnya yakni menuju puncak Gunung Kelud. Dengan menggunakan Jeep kita menuju ke puncak meskipun nggak sampai puncak kawahnya sih soalnya masih tahap perbaikan pasca meletusnya Gunung Kelud beberapa tahun yang lalu. Disini kami gunakan waktu yang tersisa untuk sekedar ngobrol santai bareng teman-teman di warung kopi yang berjejer di pinggir jalan. Tak lupa kalau kesini jangan lupa untuk beli buah nanas khas Kelud, rasanya dijamin beda daripada nanas pada umumnya, buktikan kalau tidak percaya hehe. sekitar 1 jam kita di puncak kelud sini sebelum akhirnya kita balik lagi menuju finish yang lokasinya sama kayak start tadi yakni di sebelah gerbang pintu masuk Gunung Kelud. Baca juga: Jalan-jalan sore ke Bukit Kura-Kura Ongakan
Nanas oleh-oleh khas Kelud
Oiya di Kelud Adventure ini ada beberapa paket yang bisa kalian pilih dan bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Masing-masing paket pasti menawarkan pemandangan yang berbeda pula. Mohon maaf untuk tarifnya saya agak lupa, soalnya waktu itu kita gak bayar sih karena waktu itu memang diminta Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Kediri untuk mencoba sensasi Kelud Adventure. Gratisan maneh, hehe..