Industri Kecil Produksi Tas

Halo Brew, sebelumnya saya pengen mengucapkan selamat tahun baru 2017 untuk kita semua. Di awal tahun ini, pasti kalian punya sebuah resolusi-resolusi di tahun 2017 ini. Entah pengen dapat jodoh, pengen kaya raya, pengen dapet pekerjaan mapan, hidup sukses dan masih banyak lainnya. Nah dari salah satu opsi tadi saya ingin membuka pikiran teman-teman gimana sih caranya hidup sukses? Meskipun saya sendiri juga belum sukses haha, absurd banget ya? Haha. Saya disini cuma berbagi ilmu dari beberapa sumber yang pernah saya baca doang kok. Jadi nggak ada salahnya kan saling berbagi ilmu, toh ini juga positif.
Salah satu cara untuk sukses adalah dengan membuka usaha kreatif, dengan berwirausaha menjadikan dan melatih kita untuk menjadi pribadi yang mandiri. Dalam blog saya ini, kedepan insya Allah juga akan berbagi artikel tentang berbagai macam industri kreatif yang prospeknya bagus. Dan pada artikel ini saya akan bagi salah satu industri kreatif tersebut, kali ini saya ingin membahas tentang industri dalam bidang fashion yakni bisnis kerajinan tas. Baca juga: Rahasia sukses bermodal kreatif
Untuk memulai usaha, tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Munculnya berbagai peluang usaha kecil menengah dengan modal usaha rata-rata di bawah Rp 10 juta, memberikan bukti bahwa kesuksesan pun dapat dimulai dari peluang usaha modal kecil. Hal inilah yang saat ini memotivasi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, dengan mencoba berbagai peluang usaha kecil menengah yang prospeknya cukup menguntungkan. Salah satu peluang yang saat ini cukup menguntungkan, yaitu memulai usaha kecil menengah dengan memproduksi tas. Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan yang cukup empuk bagi para pelaku usaha di bidang tersebut. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen. Begitu pula dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen khususnya kaum hawa. Berikut ini analisis bisnis tas yang menjanjikan keuntungan yang kami kutip dari ciputraenterpreneurship.com. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
Konsumen
Sasaran pasar produsen tas mencakup semua orang, baik wanita maupun pria, anak-anak maupun dewasa, sampai karyawan, pelajar dan mahasiswa. Karena mereka membutuhkan tas untuk bersekolah, kuliah, maupun untuk kerja. Namun bukan itu saja, saat ini para wanita khususnya remaja dan ibu-ibu, menjadikan tas sebagai bagian dari trend fashion. Sehingga mereka sering mencari tas, untu memenuhi kebutuhan fashion yang sesuai dengan busana mereka.

Info Bisnis
Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya anda persiapan dulu modal yang dibutuhan. Bukan hanya modal uang saja yang dibutuhkan, namun juga modal ketrampilan dalam memproduksi tas. Persiapan selanjutnya yaitu mencari jaringan yang dapat diajak untuk bekerjasama, baik untuk mencari bahan baku, sampai jaringan pemasaran.
Setelah semua persiapan sudah siap, selanjutnya anda dapat mencari lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja lokasi yang dekat sekolah,kampus maupun perkantoran. Dengan mendekatkan usaha tas dengan pasar, secara tidak langsung dapat membantu anda untuk memasarkan produk tersebut. Selain itu usahakan untuk membuat desain tas yang unuk dan menarik, agar produk anda tidak mudah ditiru produsen lain dan diminati oleh konsumen.

Kelebihan Bisnis
Meningkatnya minat konsumen akan produk tas, menjadi salah satu keuntungan bagi bisnis ini. Karena saat ini  tas menjadi salah satu kebutuhan wajib dalam berbusana, oleh sebagian besar masyarakat baik pria maupun wanita. Sehingga permintaan pasar akan tas juga menunjukan peningkatan yang cukup bagus. Selain itu untuk membuka usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sehingga siapa saja bisa mencoba peluang usaha kecil menengah tersebut, karena usaha ini bisa dibuat dengan modal dana kurang dari Rp 10 juta.

Kekurangan Bisnis
Hambatan yang sering dihadapi oleh bisnis ini antara lain melonjaknya harga bahan baku tas, biasanya semakin banyak permintaan tas maka bahan baku pun akan ikut langka dan harganya melonjak. Selain itu persaingan bisnis yang cukup ketat, kondisi ini menuntut para produsen untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan desain tas yang unik dan menarik guna memenangkan persaingan.

Pemasaran
Untuk memasarkan produk tas dapat dilakukan dengan menitipkannya pada toko-toko atau butik fashion yang ada di sekitar anda. Selain itu anda juga bisa memasarkannya dengan menerima pesanan dari konsumen, baik melayani partai besar maupun partai kecil. Sehingga penjualan produk tas anda meningkat, dan bisa dikenal pasar yang lebih luas.
Anda juga bisa memasarkannya dengan memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut, sehingga informasi mengenai produk anda dapat menyebar di kalangan masyarakat. Strategi promosi pengenalan produk, juga dapat dilakuan dengan cara mengikuti pameran-pameran yang belakangan ini sering diadakan oleh berbagai pihak. Baca juga: Cara cerdas menggunakan kartu kredit
Tidak hanya itu, seiring dengan perkembangan jaman anda juga bisa memasarkannya melalui internet. Misalnya dengan membuat website, blog atau bisa juga membuat toko online gratis melalui jejaring social yang berkembang saat ini.

Kunci Sukses
Yang menjadi kunci kesuksesan usaha kecil menengah seperti produsen tas, yakni kreatifitas. Kreatifitas dibutuhkan untuk menghasilkan produk tas yang unik dan menarik dengan harga terjangkau. Sehingga produk anda diminati konsumen, dari berbagai golongan. Tingkatkan terus kemampuan anda dalam memproduksi tas, sehingga produk yang dihasilkan semakin hari kualitasnya juga semakin bagus. Buat juga strategi pemasaran yang efektif, agar dapat mendukung penjualan produk ditengah persaingan pasar yang sudah sangat ketat.


EmoticonEmoticon