Yuk Gabung Dengan Komunitas Pare Peduli

Apa kabar teman-teman, semoga selalu diberikan kesehatan untuk kita semua, Amin. Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis sebuah artikel tentang sebuah komunitas yang ada di daerah saya yakni Kota Pare, Kab. Kediri. Komunitas tersebut bernama Komunitas Pare Peduli, sebuah komunitas yang sangat peduli banget dengan lingkungan sekitar.
Komunitas Pemuda Pare Aksi Peduli
Awal mula pendirian Komunitas Pare Peduli ini berasal dari inisiatif Mas Ipung, salah satu pelajar berasal dari Ngawi Jatim yang sedang menuntut ilmu di Kampung Inggris, Pare. Dengan dibantu rekan-rekan lainnya, lama-kelamaan Komunitas Pare Peduli ini mulai dikenal di Pare pada khususnya. Baca juga: Sekilas tentang komunitas Paregram
Berbagai kegiatan sosial telah dilaksanakan oleh Komunitas Pare Peduli yang pada saat ini anggotanya sudah mencapai 53 orang. Berikut berbagai kegiatan yang telah rutin dilaksanakan oleh teman-teman Komunitas Pare Peduli:
1. Aksi Peduli Sosial Berbagi Nasi Bungkus
Kegiatan ini ditujukkan untuk meringankan beban kaum dhuafa, fakir miskin, anak jalanan, dan orang yang sangat membutuhkan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada minggu pertama dan terjun ke lapangan untuk membagikan nasi. Mereka biasanya berkumpul di Taman Kilisuci atau di Masjid Annur Pare sebelum akhirnya berangkat bersama-sama membagikan nasi. Nasi pun diperoleh dari beberapa donatur tetap dan berasal dari sumbangan teman-teman anggota Komunitas Pare Peduli sendiri. Beberapa tempat yang sering dijadikan sasaran kegiatan berbagi nasi bungkus ini adalah Pasar Pamenang Pare, perempatan Tulungrejo Pare, Pasar Lama Pare, Terminal Pare dan di sepanjang jalan raya di Pare yang disinyalir banyak para orang terlantar yang membutuhkan bantuan.
Berbagi Nasi di Pasar Pamenang Pare
2. Operasi Semut Garuk Sampah
Kegiatan ini menunjukkan bahwa Komunitas Pare Peduli peduli akan lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali pada minggu ke-3 di sepanjang area car freeday Pare, namun tidak menutup kemungkinan di tempat lain juga. Jadi mereka pada jam 6 pagi berkumpul di depan Stadion Chanda Birawa Pare, setelah para anggota berkumpul semua baru mereka beraksi memungut sampah dengan berbekal sarung tangan dan trash bag sebagai  tempat menampung sampah. Selain itu di sepanjang jalan mereka juga sambil memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pengunjung car freeday Pare untuk tidak membuang sampah sembarangan. Meskipun sebenarnya di acara car freeday Pare ini sudah ada tim DKP dari Kab. Kediri namun teman-teman Komunitas Pare Peduli sangat bersemangat sekali melakukan aksi ini tanpa mengharap imbalan apapun.
Kegiatan Garuk Sampah di Car Freeday Pare
3. Peduli Pendidikan
Kegiatan ini difokuskan pada generasi muda untuk lebih bersemangat dan termotivasi lagi dalam mencari ilmu. Jadi tugas dari teman-teman Komunitas Pare Peduli adalah memberikan bimbingan belajar atau materi tambahan yang diajarkan di sekolah kepada anak-anak. Aksi Peduli Pendidikan ini rutin dilaksanakan setiap hari minggu. Kedepannya Komunitas Pare Peduli juga akan merencanakan program belajar bersama para anak jalanan. Mohon doanya ya teman-teman semoga cepat terealisasi niat baik Komunitas Pare Peduli ini.
Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis
4. Penggalangan Dana
Kegiatan ini lebih difokuskan untuk membantu korban bencana dan orang-orang yang membutuhkan. Penggalangan dana bisa berwujud donasi atau santunan kepada mereka. Untuk kegiatan penggalangan dana rutin dilakukan oleh seluruh anggota Komunitas Pare Peduli setiap pertemuan kegiatan dan seiklasnya saja. Sedangkan untuk penggalangan dana yang bersifat insidental dilaksanakan sesuai kesepakatan para anggota. Jika ada informasi baru mengenai target orang yang hendak diberi, baru kita melakukan penggalangan dana.
Kunjungan ke Mbah Sidem
5. Dolan Bareng
Selain kegiatan yang saya sebutkan diatas, Komunitas Pare Peduli juga mengagendakan dolan bareng untuk para anggota Komunitas Pare Peduli. Selain itu ini juga bertujuan untuk merekatkan persaudaraan antar relawan. Baca juga: Ketika hidupmu kurang bersyukur
Bukankah Allah sangat pemurah kepada kita? Apa yang kita minta akan diberikan-Nya, mengapa kita harus pelit, kikir, dan banyak pertimbangan ketika akan memberikannya kepada mereka?
Buat teman-teman yang berada di sekitar Pare, Kab. Kediri dan sekitarnya yang berminat menjadi relawan bisa juga gabung dengan Komunitas Pare Peduli dengan cara mengisi form berikut:
Form Pendaftaran Anggota Komunitas Pare Peduli klik disini

Selain itu jika ada diantara teman-teman yang ingin memberikan donasi untuk saudara-saudara kita yeng membutuhkan bisa mendonasikan ke rekening donasi berikut:
Bank BRI Syariah 1023459147 an. Nurmala Royani

Oiya teman-teman kalau ingin mengetahui lebih jelas tentang informasi maupun agenda-agenda terbaru dari Komunitas Pare Peduli ini, kalian bisa cek beberapa akun dibawah ini:
Facebook: Pare Peduli
Instagram: @parepeduli
Twitter: @parepeduli
Contact Person: 085602060009 (Ipung)

12 komentar

Salut buat pemuda parem ternyata masih ada yg peduli dengan orang lain.,,

Wah kegiatan kemanusiaan ya gan... Nah bagus untuk selalu di kembangkan gan

makasih mas, saatnya yang muda beraksi

wah kegiatan bagus sekali ka...sangat bermanfaat sekali untuk masyrakat sekitar

Mantap lah kegiatannya gan. semoga bermanfaat bagi orang banyak

sip, minta doanya semoga komunitas kami tetap solid

Keren! Seneng banget ngeliat anak-anak muda yang seperti ini. Semoga selalu sehat dan dipermudah dalam melakukan kegiatan ini, ya. Barakallah :)

Subhanallah
Amin,terima kasih doanya mbak.
saatnya pemuda beraksi.


EmoticonEmoticon