Langkah Agar Menjadi Pribadi Yang Kreatif

Kreatifitas tidak selalu berkaitan dengan sesuatu yang besar Bre. Untuk menjadi kreatif, kita tidak harus mengembangkan kreasi yang menggemparkan atau mengubah dunia. Cukup dengan ide ide yang sederhana yang mempercepat proses kerja, mengurangi kerusakan, meningkatkan mutu produk atau layanan. Oleh sebab itu, meskipun berjalan seiring dengan tingkat kecerdasan, kreativitas bukan monopoli orang pintar, dia bisa tumbuh pada diri siapapun, di situasi apapun.

Agar bisa kreatif, kita membutuhkan kepedulian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan yang kita kerjakan. Dengan bersiap peduli, mata kita akan lebih jeli untuk melihat hal yang bisa kita benahi. Entah itu berupa keadaan, proses ataupun hasil. Ide perbaikan bisa mengalir dengan sendirinya. Seperti pepatah “saat murid siap.Sang guru akan datang. Baca juga: Saat rasa malu hilang pada diri seseorang
Orang-orang kreatif seringkali mengungkapkan ide-ide baru bukan karena mereka lebih cerdas, melainkan mereka lebih peduli. Meminjam istilah salah seorang atasan yang respek, mereka tidak bekerja seperti zombie, yang biasa melakukan peerjaan seperti kebiasaan, tanpa penjiwaan. Sebaliknya mereka peduli terhadap tanggung jawab dan tugasnya. Mereka tidak bekerja dengan prinsip,”dari dulu juga begitu”, tetapi selalu mencari tahu “mengapa begini, mengapa begitu”.
Kita bisa tiba pada ide tentang “bagaimana kalau…”. Jika kita menguasai pekerjaan kita. Tanpa pemahaman yang memadai tidak mungkin muncul ide kreatif . Hanya sekedar tahu bagaimana mengoperasikan mesin fotokopi misalnya, tidak akan membuat kita mampu meningkatkan proses atau hasilnya. Agar ide peningkatan itu bisa mengalir, kita perlu menguasai berbagai hal berkaitan dengan pengoperasian mesin tersebut.
Semakin tinggi penguasaan kita, semakin banyak ide yang kita pancarkan, dan semakin tinggi pula kualitasnya. Karena itu, kita sendiri perlu terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Tida boleh berpuas diri atau mengkalianlkan pengetahuan stkalianrt.
Intinya, kita tidak boleh berhenti belajar. Anytime you stop striving to get better, you’re bound to get worse. Harus diakui perubahan dinamis saat ini membuat penguasaan kita cepat menjadi ketinggalan jaman. Karena itu, dibutuhkan cinta untuk memancing ide kreatif keluar dari sarangnya. Ketika kita mencintai pekerjaan, kita tidak hanya ingin melakukannya dengan gembira, tetapi juga terpacu untuk terus meningkatkannya.
Semakin besar rasa cinta kita terhadap yang kita kerjakan, semakin banyak pula ide yang mengalir di benak kita.Sebaliknya semakin banyak ide perubahan positif yang bisa kita terapkan di pekerjaan, semakin besar cinta kita terhadap pekerjaan tersebut. Sungguh sebuah virtuous circle yang memotivasi.
Untuk menjadi kreatif, kita tidak perlu membayangkan Einstein dengan teori relavitasnya atau Wrigth Bersaudara dengan pesawatnya. Kreativitas bisa tumbuh dari hal-hal kecil dan sederhana. Tingkatkan saja kepedulian, kecintaan dan penguasaan kita terhadap apa yang kita lakukan, ide pun akan datang dengan semua nilai tambahnya.
Sebenarnya semua orang bisa menjadi orang yang kreatif bila mereka mau mencoba dan berusaha termasuk kalian. Kalau kalian ingin mengikuti jejak orang-orang kreatif, berikut ada beberapa tips yang dapat kalian biasakaan agar menjadi orang yang kreatif:

1.Lakukan seuatu yang berbeda
Melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus lama kelamaan akan membuat kalian merasa jenuh pada pekerjaan itu. Tidak hanya jenuh, selain itu ilmu pengetahuan yang ketrampilan yang kalian miliki hanya akan terbatas pada pekerjaan itu saja. Jadi, bila kalian ingin meningkatkan kreatifitas kalian harus berani untuk mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang kalian lakukan sebelumnya. Dan lebih bai lagi bila kegiatan baru yang kalian lakukan mendukung pekerjaan utama kalian. Misalnya, kalian berprofesi sebagai penyanyi , kalian dapat belajar untuk bermain music sehingga nantinya kegiatan baru kalian akan menunjang pekerjaan lama kalian.

2. Berkomunikasi dengan banyak orang
Mungkin kalian akan bingung dengan hubungannya kreativitas dengan berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi, tanpa kalian sadari ketika kalian berkomunikasi dengan banyak orang, seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya. Terdengar simple namun sebetulnua sangat efektif bila dipraktekkan.
Seperti yang kalian ketahui, banyak orang dengan sukarela mau membagikan ilmu dan pendapaat serta pendangannya terhadap suatu hal bila kalian bertanya dengan sopan. Jadi sebaiknya banyak-banyaklah bergabung dengan suatu komunitas dan berkomunikasilah secara aktif disana, maka kalian akan menemukan banyak ide dan peluang dari sana.

3. Banyak membaca
Dengan intensitas membaca yang tinggi, tentu saja akan meningkatkan pengetahuan kalian terhadap berbagai macam hal. Contohnya dengan membaca buku-buu non fiksi, majalah, Koran, portal berita online ataupun e-book sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan kalian terhadap suatu hal. Dengan memiliki banyak wawasan dan pengetahuan tentu saja akan meningkatkan kreativitas kalian ketika kalian menghadapi suatu tantangan kalian akan mampu berfikir, berencana dan bertindak dengan menggunakan berbagai macam pertimbangan yang berasal dari informasi yang tersimpan di otak kalian.

4. Menyediakan waktu untuk sendiri
Suasana dan tempat yang tenang akan membuat kalian lebih rileks sehingga mampu untuk berfikir dan berkonsentrasi untk menemukan ide-ide baru.

5. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
Saat kalian membangun ketrampilan dan kreativitas kalian, maka kalian akan memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap segala sesuatu. Pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” adalah dua pertanyaan yang akan membawa kalian pada jawaban-jawaban yang akan meningkatkan kreativitas kalian. Lama kelamaan kalian dapat menghasilkan atau menemukan sesuatu yang baru. Contoh figure terkenal yang memiliki sifat ini adalah Sir Issac Newton, yang menemukan hukum gravitasi karena keingintahuannya setelah melihat buah apel jatuh dari pohon.

6. Menuliskan ide-ide
Biasakanlah untuk membawa notes dan pen kemanapun kalian pergi karena itu akan membantu melatih kreatifitas kalian. Karena ketika kapan saja ide kalian muncul karena melihat atau mendengar sesuatu, kalian apat langsung menuliskannya sehingga tidak akan lupa. Baca juga: Sehat itu simple, ini kuncinya

7. Mengamati orang lain
Kreativitas ternyata dapat juga dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan orang lain. Dari situ kalian dapat memperokeh inspirasi dan ide untuk membuat karya kalian sendiri.

8. Tantang diri kalian sendiri
Untuk berkembang menjadi lebih baik kalian harus keluar dari zona aman dan siapkan time table dalam periode waktu tertentu untuk mencapai sesuatu. Sehingga kalian akan termotivasi untu meraih apa yang sudah kalian rencanakan.

9. Luangkan waktu untuk istirahat dan relaksasi
Bekerja dalam waktu yang lama akan sangat menguras tenaga dan pikiran kalian. Oleh sebab itu, kalian membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga kalian dapat berfikir lagi secara jernih. Untuk mengembalikan performa kalian, cobalah untu beristirahat sejenak dan mengerjakan hal-hal yang kalian sukai.

10. Bangun kepercayaan yang positif
Tanamkan kepercayaan bahwa semua masalah dapat diselesaikan sehingga kalian akan tersugesti untuk selalu berfikiran positif dan tidak menyerah. Mungkin saat ini ide kalian dianggap remeh oleh orang lain, namun bila kalian sudah yakin terhadap apa yang sudah kalian kerjakan, jangan menyerah dan terus buktikan. Karena, kreativitas justru akan berkembang pesat ketika seseorang berada di dalam keadaan yang tidak baik tetapi dia tetap optimis.


EmoticonEmoticon