Baca Artikel Ini Sebelum Kursus di Kampung Inggris

Sejarah Kampung Inggris
Sejarah berdirinya Kampung Inggris mungkin tak lepas dari sosok bersahaja dan sederhana yakni Mr. Kalend Osen. Kalau dilihat dari namanya sih emang kelihatan seperti nama-nama orang Eropa gitu ya, padahal beliau adalah orang asli Indonesia. Pria yang lahir pada 4 Februari 1945 ini awalnya merupakan seorang santri Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jatim pada tahun 1976 yang berasal dari Kutai Kartanegara. Gara-gara problem biaya pendidikan akhirnya dengan terpaksa Mr. Kalend Osen meninggalkan Pondok Modern Gontor.
Setelah itu ada salah satu teman dari Mr. Kalend Osen yang menyuruhnya menemui ustadz yang bernama KH Ahmad Yazid di Pare yang menguasai delapan bahasa asing. Ia kemudian mulai meninggalkan Kota Reog tersebut dan hijrah ke Kota Pare, Kediri. Di Pare Ia tinggal dan belajar di Pesantren Darul Falah Singgahan, Tulungrejo, Pare milik Ustaz Yazid. Disitu Ia belajar mondok untuk mempelajari ilmu agama dan sekaligus kursus bahasa Inggris. Karena Ia bertekat minimal menguasai satu atau dua bahasa asing. Baca juga: Jalan-jalan sore ke Bukit Kura-Kura Ongakan
Mr. Kalend Osen - Founding Father Kampung Inggris
Berkat dua mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya yang menjadi murid pertama Mr. Kalend Osen ini akhirnya beliau mulai dikenal dari mulut ke mulut karena keberhasilannya membuat dua mahasiswa tadi lulus dalam ujian negara yang digelar di kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya setelah kursus bahasa Inggris padanya.
Kampung Inggris memang sangat fenomenal, bukan orang Indonesia doang yang berbondong-bondong menuju Kampung Inggris agar bisa mahir berbahasa Inggris, namun orang dari luar negeri atau berasal dari mancanegara juga sudah mendengar tentang Kampung Inggris Pare ini. Saya bisa ngomong seperti ini soalnya dulu punya teman dari Kampung Inggris yang berasal dari Pattani, Thailand. Pattani merupakan daerah di Thailand yang berbatasan dengan Malaysia, jadi mereka masih bisa berbahasa Melayu. Masih agak nyambung deh misal ngobrol-ngorol gitu hehe. Awalnya mereka mengetahui Kampung Inggris dari Internet. Mulai dari alamat Kampung Inggris, paket Kampung Inggris, pendaftaran di Kampung Inggris Pare, biaya kursus di Kampung Inggris, hingga kursus bahasa Inggris di Pare yang bagus. Dan semua tadi akan coba saya bahas pada artikel ini dengan sesingkat-singkatnya biar kalian nggak capek bacanya hehe.
My Trip My Adventure Trans TV waktu berkunjung ke Kampung Inggris
Lokasi Kampung Inggris
Sebenarnya nggak ada area atau lokasi yang tepat dari Kampung Inggris, karena memang Kampung Inggris cuma sebuah istilah yang merujuk pada sebuah kampung di Pare yang banyak sekali dijumpai tempat kursus bahasa Inggris. Namun saya cuma bisa memberikan penjelasan jika Kampung Inggris sendiri berada di dua desa yakni Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, sebuah desa yang berada di pusat Kota Pare. Namun mayoritas semua kursusan di Kampung Inggris berada di Desa Tulungrejo dan di Desa Pelem hanya minoritas.
Jika kalian bukan orang Kediri atau belum mengetahui alamat Kampung Inggris, kalian nggak perlu khawatir. Saya akan coba memberikan rute menuju Kampung Inggris agar kalian nggak tersesat hehe.
Dari Utara (Jombang, Juanda, Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Tuban, dll): Jika naik bus, kalian bisa bilang turun di perempatan Tulungrejo, Pare. Nah dari situ terserah kalian, jika kalian mempunyai kerabat di Kampung Inggris kalian bisa menghubunginya untuk menjemput di perempatan Tulungrejo atau jika kalian masih baru, kalian bisa menggunakan jasa becak yang tercecer di sepanjang perempatan Tulungrejo.
Dari Timur (Malang, Banyuwangi, Bali, dll): Jika kalian menggunakan bus, masih sama sih dengan jalur utara yakni turun di perempatan Tulungrejo. Namun jika kalian menggunakan kendaraan pribadi melewati Malang, ketika sampai perempatan Kandangan kalian bisa ambil arah kiri menuju Ke Pare lurus terus saja. Jika sudah sampai di Kota Pare namun kalian masih bingung, kalian bisa tanya pada warga sekitar rute ke Tugu Garuda atau warga Kampung Inggris menyebutnya dengan Garuda Park. Soalnya tidak semua kalangan masyarakat mengetahui Kampung Inggris. Oleh karena itu saya sarankan tanya saja lokasi Tugu Garuda. Nah dari Tugu Garuda tadi ke utara dikit sudah memasuki area Kampung Inggris.
Dari Selatan (Kediri Kota, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, dll): Kalau dari selatan menurut saya lebih mudah jika kalian menggunakan kendaraan umum seperti bus karena nanti kalian bisa langsung mendarat di Kampung Inggris hehe. Nggak perlu lagi naik becak, ojek, ataupun jasa lainnya. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menuju ke arah Tugu Garuda. Dari Tugu Garuda tadi ke utara dikit kalian sudah memasuki wilayah Kampung Inggris.
Dari Barat (Nganjuk, Ponorogo, Madiun, dll): Sebenarnya untuk kalian yang berasal dari barat bisa melewati dua rute. Yang pertama melewati Jombang seperti yang saya jelaskan diatas dan yang kedua melewati daerah Papar. Nah untuk kalian yang melewati Papar, dari perempatan Papar kalian bisa belok ke timur lurus terus jangan belok-belok. Nanti kalian akan bertemu Tugu Garuda atau Garuda Park. Kemudian ke utara dikit kalian sudah memasuki wilayah Kampung Inggris.
Monumen Tugu Garuda, Pare
Rute Alternatif: Jika kalian masih bingung dan masih asing dengan daerah sini, kalian bisa  menghubungi saya di 085649095806 (WA). Dengan senang hati saya akan membantu kalian yang hendak menuntut ilmu di kota kami tanpa saya harus meminta imbalan.
Paket Kursus di Kampung Inggris
Yang saya maksud disini adalah semacam paket kursus yang disediakan masing-masing lembaga kursus untuk para murid-muridnya. Seperti salah satu paket kursus yang menurut saya paling hits hehe yakni paket camp atau holiday program. Biasanya paket ini ramenya pada musim libur sekolah dan kuliah. Disaat mereka libur sekolah, dimanfaatkan untuk mengikuti kursus di Kampung Inggris ini. Sementara itu programnya juga banyak juga sih, jika kalian ikutan kursus tujuannya untuk lolos seleksi kerja kalian bisa coba program job interview atau bisa juga TOEFL.
Pendaftaran Kursus di Kampung Inggris
Saat ini mungkin daftar kursus di Kampung Inggris sudah sangat praktis banget ya, lewat media internet semuanya menjadi lebih cepat. Selain itu rata-rata lembaga kursus di Kampung Inggris yang sudah ternama sudah mempunyai official website sendiri untuk memudahkan calon muridnya mengakses informasi program, biaya kursus, dan sekaligus registrasi via online. Baca juga: Ikutan #CFDPARE bareng keluarga kecilku
Biaya Kursus di Kampung Inggris
Ngomong-ngomong soal biaya kursus sih kembali lagi ke jenis program dan lembaga kursus yang kalian pilih hehe. Setiap lembaga kursus pasti punya patokan tersendiri mengenai biaya yang akan dibebankan pada murid-muridnya. Saran doang sih, sebelum kalian memilih lembaga kursus sebaiknya lihat-lihat dulu rating lembaga kursus tersebut dan fasilitas apa saja yang disediakan. Terkadang mereka juga menyelipkan promo tertentu buat para calon murid yang mendaftar seperti jemput gratis, piknik dan masih banyak lagi.
Kalian belum jago ngomong Inggris kalau belum pernah foto disini hehe
Kursus Yang Bagus di Kampung Inggris Pare
Beberapa tahun yang lalu saya pernah pergi ke Semarang ke rumah teman nggak disangka dia tertarik pengen ikut kursus di Kampung Inggris karena sebelumnya saya memberikan informasi tentang kehidupan dan suasana di Kampung Inggris. Kemudian dia tanya lagi ke saya mengenai kursus bahasa Inggris di Pare yang bagus itu dimana. Saya enggan menjawabnya karena saya disini nggak mau menilai lembaga kursus yang bagus dan jelek. Jika kalian tanya lembaga kursus yang paling terkenal di Kampung Inggris itu dimana, saya pasti akan menjawab BEC (Basic English Course) hehe. Kenapa saya menjawab BEC? Secara gitu loh, BEC merupakan lembaga kursus pertama di Kampung Inggris yang didirikan oleh Mr. Kalend Osen. Warga Kampung Inggris mungkin sudah nggak asing dengan lembaga kursus yang satu ini.


EmoticonEmoticon