Sunflower Kediri Salah Satu Spot Selfie Andalan di Kediri

Sudah pernah berkunjung ke Kebun Bunga Matahari di Kediri apa belum nih, Bre? Atau sebuah kebun yang oleh warga Kediri sering disebut Sunflower Kediri. Mungkin bagi mayoritas masyarakat Kediri masih banyak yang belum mengetahui ya kalau di Kediri ada sebuah perkebunan atau taman bunga matahari yang tumbuh subur meskipun sebetulnya iklim panas di Kediri kurang mendukung untuk pertumbuhan bunga matahari itu sendiri.

Ide awal pendirian kebun bunga matahari di Kediri sendiri berawal dari Istri Walikota Kediri Ferry Silviana Feronica Abu Bakar atau yang biasa disapa Bunda Fey. Berbekal dukungan dari PKK Kota Kediri dan Earth Hour Kediri akhirnya pada tanggal 11 april 2016 Taman Bunga Matahari di Kediri ini bisa didirikan dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 900 m2 ini. Meskipun begitu, lahan yang ditanami bunga matahari cuma seluas 800 m2. Baca juga: Monumen Simpang Lima Gumul
Ferry Silviana Feronica (Istri Walikota Kediri), Penggagas Kebun Bunga Matahari Kediri
Lokasi dari Kebun Bunga Matahari ini berada di Jl. Selomangleng Kota Kediri, Jatim atau tepatnya di sebelah timur kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri. Jika kalian bukan warga Kediri dan masih awam dengan alamat atau rute ke Kebun Bunga Matahari Kediri ini, dari bundaran Taman Sekartaji kalian ambil saja jalur ke barat atau tepatnya Jl. Veteran Kediri. Nah dari situ tinggal lurus doang nih melewati dua perempatan traffic light, setelah traffic light kedua kurang lebih jaraknya sekitar 500 meter. Atau cara paling simple kalian juga bisa tanya ke orang lokasi dari Universitas Kadiri karena lokasi Kebun Bunga Matahari Kediri ini juga dekat dengan Universitas Kadiri.
Sunflower Kediri berada area Gunung Klotok Kediri
Di taman Kebun Bunga Matahari Kediri kurang lebih terdapat 6000 pohon bunga matahari yang terdiri dari 3 varietas. 2 varietas yang berasal dari Tiongkok dan 1 lagi berasal dari varietas lokal sendiri. Tanaman bunga matahari disini menurut saya terbilang subur banget loh dan tingginya bisa sampe 1 meter. Hmm.. meskipun Kediri terkenal dengan panasnya tapi kalau lokasi nanamnya di sekitar Selomangleng sini ya pantes saja Kebun Bunga Matahari Kediri subur banget karena area sini kan dekat dengan dataran tinggi Gunung Klothok Kediri yang udaranya sejuk haha.
Usia bunga matahari hanya sekitar 3 bulan dari masa penanaman. Sedangkan masa mekar bunga matahari cuma sekitar 1 bulan
Buat kalian yang doyan banget selfie mungkin Kebun Bunga Matahari Kediri ini cocok banget buat ajang selfie-selfie ria. Buktinya anak kece Kediri lagi rame banget hunting foto di Kebun Bunga Matahari Kediri dan kemudian di upload ke media sosial Instagram, coba kalian bisa cek dengan hashtag #SunflowerKediri.
Terlihat ada beberapa pohon yang rusak akibat ulah pengunjung
Namun saya masih prihatin dengan para pemburu spot selfie di Kediri yang rata-rata kaum alay dan bisanya cuma merusak keindahan Kebun Bunga Matahari Kediri. Sempat saya mengetahui ada beberapa bunga matahari yang rusak dan mati gara-gara kurang pedulinya pengunjung akan kelestarian bunga matahari. Padahal setelah adanya Sunflower Kediri ini, Kota Kediri lagi gencar-gencarnya kampanye gerakan Ayo Tanam Kota Kediri. Baca juga: Bukit Dhoho Indah wisata paling hitz di Kediri
Gerakan Ayo Tanam Kota Kediri
Jadi saya berpesan buat kalian yang hendak berkunjung ke Kebun Bunga Matahari Kediri untuk tetap menjaga kelestarian tanaman dengan membuang sampah pada tempatnya dan jika berkenan untuk membersihkan atau mencabut rumput-rumput kecil yang tumbuh dibawah bunga matahari, jadilah pengunjung yang bijak!
Berikut beberapa foto selfie di #SunflowerKediri yang super kece-kece:





EmoticonEmoticon