Masih Yakin Bakal Sukses Jualan Online di Instagram?

Buat kalian yang lagi mencari nafkah lewat online shop Instagram harus makin jeli dan cerdas deh. Karena Instagram lagi gencar-gencarnya melakukan perubahan besar-besaran mulai dari logo hingga sistem. Yang saya maksud sistem disini adalah algoritma timeline di Instagram atau biasa disebut algoritma edgerank. Algoritma berbasis edgerank ini juga diterapkan di Facebook loh, maklum mereka kan satu label setelah Facebook membeli Instagram.

Yang dimaksud dengan algoritma edgerank adalah algoritma yang mengurutkan timeline berdasarkan minat. Jadi intinya Instagram akan membuat postingan di timeline tidak berurutan berdasarkan waktu posting atau kronologi, melainkan lebih berdasarkan pada foto-foto yang sesuai dengan foto yang sering kalian like dan follow, intinya foto yang disajikan lebih berdasarkan minat dan kesukaan penggunanya. Semakin sering kalian like dan komentar ke suatu akun bisa dipastikan postingan akun tersebut yang akan muncul di beranda Instagram kalian. Baca juga: Pengalaman jualan di Tokopedia
Atau jika kalian pengguna setia Facebook mungkin sudah merasakan hal seperti ini. meskipun teman Facebook kalian jumlahnya ribuan tapi saya pastikan yang muncul di beranda Facebook kalian cuma orang itu-itu terus, sampe muak lihatnya. Bener kan? Hehe. Inilah yang saya maksud algoritma berbasis edgerank.
Meskipun diposting 7 jam yang lalu postingan ini masih bertahan di beranda paling atas
Yang jadi pertanyaan adalah kenapa Instagram tega melakukan perubahan besar-besaran ini? Tujuannya utamanya sudah pasti duit hehe karena dengan algoritma berbasis edgerank ini diharapkan Instagram akan lebih banyak lagi para pengiklan berbayar.
Hal ini jelas terasa banget dampaknya buat pelaku bisnis online Instagram. Dengan algoritma yang sekarang ini follower banyak bukan lagi menjadi penentu banyaknya orderan. Sangat disayangkan banget emang buat kalian yang sudah lama membuat toko online di Instagram, bisnis yang sudah kalian bangun sekian lama harus gulung tikar gara-gara adanya perubahan sistem di Instagram. Baca juga: Tampilan situs KPAI kena hack!
Jika dahulu sebelum algoritma Instagram berubah, kita selaku pebisnis online selalu melakukan update atau memposting katalog produk di Instagram pada jam premium atau waktu ramai dimana pengguna Instagram online seperti waktu istirahat jam kerja dan pada saat jam santai mulai pukul 7 malam. Tapi sekarang ini follower kalian belum tentu melihat postingan kalian di beranda meskipun waktu posting kalian bersamaan dengan waktu premium tadi. Dengan demikian kerugian semakin dekat dengan kalian karena semakin percuma kalian memposting ribuan katalog produk tapi follower tidak lagi mudah terjangkau. Lalu apa gunanya follower? Hehe


EmoticonEmoticon