Kampung Anggrek Wisata Kekinian di Kediri

Nggak terasa sudah weekend lagi dan saya yakin kalian sudah mempersiapkan rencana liburan minggu ini entah sama keluarga atau sama pacar. Nah kebetulan kali ini saya juga mau ngomongin salah satu tempat wisata baru di Kediri yang pasti sebuah wisata edukasi sekaligus wisata alam, yakni Kampung Anggrek. Ngomongin soal kampung, di Kediri ada dua kampung yang sangat populer. Kampung pertama yang saya maksud adalah Kampung Inggris dan yang kedua adalah Kampung Anggrek yang akan kita bahas disini. Lokasi Kampung Anggrek ini berada di sekitar lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. kalau dari Simpang Lima Gumul masih sekitar 25 km ke arah timur atau kamu bisa ambil jalan yang mengarah ke Pesantren.
Kalau sudah memasuki area Wisata Gunung Kelud, kalian bakal menemui kawasan hutan di Desa Ngancar kemudian terdapat sebuah persimpangan, jika ke kiri kita akan menuju ke Wisata Gunung Kelud, nah kalian ambil yang arah kanan. Dari persimpangan kurang lebih masih sekitar 2 km lagi. ada jalan ke timur, kita akan menemui kawasan perusahaan PT. Sumber Sari Petung yang luasnya 5 hektar ini. Namun jika kalian bukan orang Kediri dan masih buta lokasi Kampung Anggrek, kalian bisa memanfaatkan Google Map sebagai penunjuk arah. Untuk melihat peta Kampung Anggrek Kediri  klik disini
Area Kampung Anggrek ini termasuk dalam kawasan rawan bahaya (KRB) Kelud karena terletak sekitar 8-10 km dari kawah Gunung Kelud.
Oiya perlu diketahui juga kalau Kampung Anggrek buka mulai jam 7.30 – 16.30 WIB. Di Kampung Anggrek ini juga terdapat berbagai wahana mulai wisata bunga, swalayan anggrek, heritage, dan cafe bunga. Dan yang pasti maskot dari Kampung Anggrek ini sendiri yakni, Patung Kingkong atau Gorilla yang terbuat dari jagung hehe. Selain green house anggrek, wahana lain yang bisa kalian nikmati adalah Istana Kelinci, Kambing Moreno, Wisata Kuliner, Wisma Cattleya. Baca juga: Pare Car Free Day siap digelar
Keberadaan Kampung Anggrek diharapkan dapat menghapus kesan anggrek sebagai bunga yang eksklusif, hanya digemari oleh kalangan atas.

Perlu diketahui juga brew, Kampung Anggrek merupakan produsen anggrek dengan bibit perbanyakan dari kloning. Prosesnya dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan yang diresmikan 15 september 2015 dan tenaga ahlinya direkrut dari Universitas Brawijaya Malang. Dan diharapkan akan muncul varietas baru yang akan menjadi varietas unggulan. Sampai saat ini ada enam genus anggrek yang dikembangkan di Kampung Anggrek, antara lain anggrek bulan (phalaenopsis), dendrobium, vanda, cymbiddium, oncidium, dan cattleya. Bahkan Kampung Anggrek diklaim memproduksi massal tanaman kloning anggrek pertama di Indonesia. Salut deh buat Kediri hehe.
Berikut beberapa foto di area wisata Kampung Anggrek Kediri:

Patung Gorilla di Kampung Anggrek

Gazebo di Kampung Anggrek

Istana Kelinci di Kampung Anggrek

Laboratorium Kultur Jaringan di Kampung Anggrek

Musholla di Kampung Anggrek

Peta Lokasi di Kampung Anggrek

Wisata Kuliner di Kampung Anggrek

Wisma Cattleya di Kampung Anggrek



EmoticonEmoticon