Misteri Hilangnya Paketan Dari Mataharimall.com

Ini merupakan pengalaman saya paling misterius waktu beli barang lewat e-commerce, dan kali ini saya belanja di mataharimall.com. Tepatnya pada hari jum’at 15 juli 2016 saya membeli Palazzo tas selempang dan Headset Samsung J5. Kedua barang yang saya beli itu total harganya Rp.91.000 dengan rincian tas Palazzo berharga Rp.79.000, sedangkan headset Samsung harganya Rp.12.000. Murah banget ya handsetnya soalnya lagi ada diskon hehe.
Saya sudah sering banget belanja di mataharimall.com karena memang fitur maupun pelayanannya yang oke banget. Apalagi gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, itu yang membuat saya doyan banget belanja di mataharimall.com. Datangnya barang selalu bisa saya prediksi, antara 3-4 hari barang saya jamin sudah sampe ke lokasi tujuan. Padahal lokasi saya di luar Jabodetabek loh.
Tapi kepercayaan saya dengan mataharimall.com sedikit terusik gara-gara orderan saya yang terakhir ini belum kunjung datang. Jadi gini.. saya belanja hari jum’at tanggal 15 juli 2016 namun barang sampe tanggal 19 juli 2016, saya cuma menerima tas Palazzo dari kurir JNE. Terus pesanan saya satunya yang headset Samsung kemana? Itu yang selalu ada dipikiran saya berhari-hari meskipun harganya murah banget sih tapi saya masih penasaran saja, tumben banget mataharimall.com kirim barangnya lelet banget? Saya sempat berfikir kalau pesanan saya headset Samsung itu cuma bodong? Soalnya harga nggak masuk akal banget. Hehe Baca juga: Beli pulsa di Tokopedia
Bahkan gara-gara pesanan saya yang tak kunjung datang ini saya sempat menuduh sama karyawan di toko saya yang mengambil barang saya. Soalnya barang yang saya pesan alamatnya saya tujukan ke toko. Karena tiap saya beli barang kemudian alamat saya tujukan ke tempat tinggal saya pasti salah alamat soalnya nama saya di kampung banyak kembarannya alias pasaran hehe. Jadi sekarang tiap beli barang lewat online shop selalu saya tujukan ke toko saya. Kebetulan pada tanggal 18 juli 2016 saya nggak sedang di toko karena saya ada di Kediri nganter bini dan anak saya main ke rumah mertua disana dan saya yakin banget barang pasti sudah sampai toko saya antara 3-4 hari yang tepatnya pada tanggal 18-19 juli 2016. Namun cuma tas palazzo doang yang sampe toko yang tepatnya tanggal 19 juli 2016.
Ya gitu deh akhirnya su’udzon sama karyawan toko, saya juga sempat tanya ke dua karyawan toko namun dia jawab nggak tahu apa-apa mengenai pesanan saya dan mereka bilang nggak ada kurir yang ngirim paketan mataharimall.com waktu saya nggak ada di toko. Akhirnya saya pasrah saja lah, untung saja sih harganya nggak mahal banget hehe. Saya juga sempat menanyakan pesanan saya yang belum saya terima ini ke fans page mataharimall.com di facebook namun jawaban mereka sama terus dan selalu mengatakan bahwa pesanan saya sudah diterima atas nama Samsul pada tanggal 18 juli 2016. Jadi makin yakin deh kalau yang ambil pesanan saya adalah karyawan toko.
Pada tanggal 27 juli 2016 saya iseng-iseng buka akun mataharimall.com milik saya dan saya mendapati ada yang janggal waktu melihat daftar pesanan saya di dasbor yang mengatakan kalau headset Samsung pesanan saya statusnya masih shipped. Akhirnya saya langsung live chat dengan salah satu cs mataharimall.com dan waktu itu yang chat dengan saya bernama Debby. 
Salah satu cuplikan chat yang bikin saya ngakak hehe
Saya menanyakan masalah ini kemudian saya disuruh menunggu sambil si Deby cek status nomor pesanan saya mungkin. Nggak berselang lama dia nyambung lagi dan mengatakan sama seperti waktu saya tanya di fanspage nya mataharimall.com yakni pesanan sudah diterima atas nama Samsul pada tanggal 18 juli 2016 sambil menyertakan nomor resi pesanan saya dan ternyata kali ini yang mengantar pesanan saya adalah J&T Express.
Status pesanan saya masih shipped
Setelah saya tetap keukeh kalau belum menerima paketan headset Samsung dengan alasan status pesanan saya di akun mataharimall.com saya masih shipped, bahkan sampai saya tunjukkan screenshot dasbor saya. Akhirnya si Deby tadi menyuruh saya mengirimkan alamat email saya dan dia berjanji akan menindak lanjuti masalah ini dengan mengirim balasan mengenai masalah saya ini lewat email.
Tracking sudah menunjukkan barang sudah diterima
Nggak berselang lama saya mendapatkan balasan dari mataharimall.com lewat email dan jawabannya masih sama kayak sebelum-sebelumnya kalau pesanan saya sudah diterima atas nama Samsul pada tanggal 18 juli 2016. Kemudian saya balas panjang banget email dia dengan nada sedikit galak mungkin hehe. Seperti ini balasan saya:
Screenshot waktu balas email mataharimall.com
Pada tanggal 29 juli 2016 saya mendapat telepon dari pihak J&T Express Kediri dan saya sambut dengan senang hati. Kemudian dia menjelaskan kronologi penyerahan pesanan saya pada tanggal 18 juli 2016 itu. Mulai dari saksi yang melihat dan jam penyerahan paket, kemudian saya menjelaskan balik kalau pada tanggal tersebut saya sedang nggak berada di toko melainkan sedang berada di Kediri di rumah mertua saya. Melihat jawaban saya seperti itu akhirnya pihak J&T Express Kediri berencana datang ke toko saya sore itu juga untuk menjelaskan ini semua supaya segera kelar. Kemudian saya bilang jangan sore ini soalnya bentar lagi toko sudah mau tutup.
Tanggal 1 agustus 2016 pihak J&T Express Kediri kembali menghubungi saya kalau nanti jam 3 sore mau ke toko saya dan sekaligus akan mengakhiri tuduhan-tuduhan negatif saya ke berbagai pihak yang terkait mulai karyawan toko, J&T Express Kediri, maupun mataharimall.com sendiri. Jam 3 sore salah satu perwakilan J&T Express Kediri menghubungi saya kalau mereka sudah berada di toko saya. Dan saat itu posisi saya juga sedang di toko menunggu mereka. Saya keluar ke depan nggak nemuin juga orang yang berseragam J&T Express. Terus saya tanya lagi, “Mas dimana? Saya di depan toko ini”, dia kemudian jawab, “Pak, ini saya sudah sama orang yang menerima paketan bapak. Toko bapak sebelah mana abis ini saya kesitu, saya sudah di Jl. Argopuro Pare”. Kemudian saya kasih tahu alamat toko saya dengan lengkap banget sambil saya pandu mereka di jalan. Saya makin bingung, orang J&T Express Kediri bilang kalau dia sudah sama orang yang bawa paketan saya, apa paketan saya dicuri? Atau mungkin salah alamat? Baca juga: Pelaku carding rata-rata dari Indonesia
Nggak berselang lama dua orang dari J&T Express Kediri akhirnya tiba di toko saya sambil menjelaskan kronologis pesanan saya yang nggak nyampe-nyampe ini. Dan ternyata... Paketan saya memang salah alamat, kurir J&T Express Kediri mengklaim kalau di Jl. Argopuro Pare ini ada dua nomor yang sama. Alamat toko saya di Jl. Argopuro No. 5, sedangkan satunya lagi Toko Toserba alamatnya juga di Jl. Argopuro No. 5 lokasinya agak ke selatan dari toko saya. Nah yang menjadi masalah kurir dari J&T Express Kediri ini ngasih paketan saya ke toko Toserba tadi dan yang membuat saya makin geleng-geleng kepala lagi karena yang menerima paketan saya bernama Samsul juga dan ia juga mengklaim sedang menunggu paketan datang dari mataharimall.com. Namun pada sore hari itu kurir J&T Express Kediri bilang kalau paketan saya saat itu nggak dibawa si Samsul karyawan Toko Toserba tadi dan ia berjanji akan membawa paketan saya esok harinya. Kemudian pihak J&T Express juga bertanggung jawab misal paketan saya mengalami kerusakan akibat dibawa si Samsul dari Toko Toserba tadi, pihak J&T Express Kediri siap mengganti barang pesanan saya tadi. Esoknya si Samsul akhirnya datang ke toko saya sambil membawa pesanan saya, setelah saya coba barang masih normal. hehe
Akhirnya kelar juga deh misteri hilangnya pesanan saya yang ternyata salah alamat ini hehe. sebelumnya saya minta maaf kepada pihak yang sudah saya tuduh aneh-aneh, mulai karyawan toko saya, J&T Express Kediri dan pihak mataharimall.com. Kemudian saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak J&T Express Kediri atas tanggung jawabnya mengatasi masalah saya ini hingga selesai.

2 komentar

pengalaman jadi guru yg berharga, dg baca ini jadi lebih hati hati dan teliti

Payah matahari ini :v untungnya cuma senilai 12rb ya. Kalo lebih wah bisa ane golok customernya


EmoticonEmoticon