Pengalaman Jualan di Tokopedia

Selamat siang Bre, selamat datang dibulan september ya. Dan meskipun agak telat saya ingin mengucapkan dirgahayu RI Ke-71 dengan slogannya ‘Kerja Nyata’. Mungkin pemerintah sudah muak kali ya liat pengangguran semakin meningkat saja di Indonesia akhirnya bikin slogan ‘Kerja Nyata’ biar warga Indonesia semakin giat cari duit. Ngomong-ngomong soal cari duit kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cari duit sambil nyantai, yang pasti masih diseputaran dunia maya hehe.
Jadi cari duit lewat internet kali ini saya menggunakan media situs jual beli online Tokopedia. Salah satu fitur favorit saya adalah isi pulsa listrik, telepon, tiket kereta api dll. Jujur deh saya sering banget beli pulsa di Tokopedia soalnya simple banget dan nggak ribet hehe. Baca juga: Pelaku carding rata-rata dari Indonesia
Perlu diketahui bahwa Marketplace Tokopedia ini didirikan pada 6 februari 2009 oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya yang keduanya juga merangkap sebagai CEO Tokopedia. Salah satu ketertarikan masyarakat menggunakan Tokopedia adalah dari segi keamanan. Berbeda dengan situs jual beli yang sebelumnya terkenal seperti Tokobagus dan Berniaga yang saat ini melebur menjadi OLX yang sangat rawan tindak penipuan. Di Tokopedia penipuan masih bisa diminimalisir bahkan hampir tidak bisa soalnya sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan rekber atau rekening bersama. Buat yang aktif di jual beli Kaskus mungkin sudah nggak asing dengan istilah rekber ini.
Rekening Bersama (RekBer) adalah perantara atau pihak ketiga yang membantu keamanan dan kenyamanan transaksi online Anda. Sebagai pembeli, anda tidak perlu ragu untuk bertransaksi atau merasa was-was ketika barang yang dibeli tidak kunjung datang.
Jadi intinya kalau pembayaran menggunakan rekber uang dari pembeli akan ditampung terlebih dahulu oleh pihak perantara (disini saya ambil contoh Tokopedia), kemudian jika barang dari penjual sudah dikirim dan sampe di tangan pembeli dengan selamat atau tanpa cacat, uang yang ditampung tadi akan ditransfer pihak perantara ke penjual.
Oke deh langsung saja ya.. disini saya cuma berbagi pengalaman waktu dagangan saya terjual di Tokopedia, supaya teman-teman yang senasib dengan saya selaku pengangguran bisa termotivasi untuk kerja nyata cari duit hehe. Jika kamu tertarik cari duit di Tokopedia syaratnya harus bikin akun Tokopedia terlebih dahulu kemudian upload produk kamu dan terakhir tinggal nunggu duit datang sendiri ke rekening kamu hehe. Baca juga: Bayaran Google Adsense hampir gagal diambil
Pengalaman jualan di Tokopedia
1. Jika dagangan kalian dibeli konsumen akan ada notifikasi di akun Tokopedia kamu dan juga akan ada email masuk dari Tokopedia sebagai konfirmasi saja kalau ada pembeli yang membeli produkmu.
 
Notifikasi adanya pembeli di kolom pesan
2. setelah itu kamu akan masuk ke pesan yang didalamnya berisi nama dan alamat konsumen kamu serta detail produk yang dia beli. Disini kamu akan diberi pilihan untuk menerima orderan ini atau menolaknya, namun jika stock produk kamu itu masih kosong sebaiknya ditolak saja hehe
 
Informasi pesanan konsumen
3. Jika kamu menerima orderan tadi kamu akan dibawa ke kolom konfirmasi pengiriman. Disini setelah barang dikirim kamu akan diminta memasukkan nomor resi pengiriman ke kolom Insert Receipt Number sebagai bukti kalau barang memang sudah dikirim.
 
Kolom konfirmasi pengiriman di Tokopedia
4. Silahkan tunggu pesanan kamu tadi sampe ke tangan konsumen dan silahkan tunggu email masuk dari Tokopedia yang menyatakan transaksi penjualan berhasil.
 
Email pemberitahuan jika transaksi berhasil
5. Kemudian jika pesanan sudah sampe akan ada notifikasi lagi dari email dan juga di akun Tokopedia kamu. Jadi jangan jauh-jauh dari email ya apalagi lupa password hehe. Kalau emang barang sudah sampe ke konsumen secara otomatis saldo akun Tokopedia akan bertambah sesuai dengan jumlah transaksi kamu dengan konsumen.

6. Kebetulan saya emang lagi bokek akhirnya saldo di Tokopedia saya ambil saja haha. Caranya mudah banget kok tinggal klik jumlah saldo yang saya lingkari merah itu dan yang pasti kalian harus punya rekening bank. Saran saja sebaiknya kalian gunakan rekening BCA, Mandiri, dan BNI untuk akun Tokopedia supaya nggak kena biaya transfer, biaya siluman, dll hehe.
 
Klik saldo untuk pengambilan saldo
7. Disini kalian akan melihat detail saldo Tokopedia, langsung saja pilih Tarik Dana
 
Kolom detail saldo
8. Masuk deh ke kolom deposit. Disini kalian akan diminta memasukkan sejumlah nominal yang akan ditransfer ke rekening bank kalian.
 
Kolom Deposit di Tokopedia
9. Tunggu saja 1x24 jam duit pasti masuk ke rekening kalian. Oiya khusus buat yang pake rekening selain BCA, Mandiri, dan BNI tunggu saja 2x24 jam haha. Jangan lupa juga pantengin email soalnya nanti konfirmasi dana telah berhasil dikirm melalui email



EmoticonEmoticon