Resolusi di Hari Kemenangan

Biasanya kita sering mendengar kata resolusi pada saat abis pergantian tahun. Resolusi sendiri merupakan tradisi masyarakat untuk berjanji melakukan perbaikan diri yang akan dimulai pada awal tahun baru. Sayangnya kali ini momen emang nggak bertepatan dengan tahun baru, padahal secara pribadi saya lagi pengen memperbaiki diri hehe. Karena saat ini lagi suasana momen-momen lebaran, ya saya bikin judul resolusi di hari kemenangan 1437H saja hehe.
Ada beberapa hal yang saya ingin perbaiki pada diri saya terutama ditahun ini, mulai dari segi kesehatan, gaya hidup, dan agama. Cukup tiga itu saja dulu, nggak perlu kebanyakan rencana ntar malah nggak jadi kan malah malu-maluin.
Yang pertama adalah mengenai kesehatan, bisa dibilang penyakit saya emang banyak banget mulai yang dibilang ringat sampe yang berat sudah saya koleksi hehe. Namun kali ini saya ingin memperbaiki kesehatan saya dengan cara berhenti merokok, merokok dalam agama yang saya anut memang nggak ada dalilnya sih tapi secara kesehatan sudah terbukti sangat merugikan alias merusak kesehatan. Saya mulai merokok awalnya pada saat SMA, sudah hidup mandiri tanpa pantauan orang tua membuat saya jadi sedikit bandel. Bisa dikatakan saya adalah perokok semi berat hehe, meskipun bukan perokok berat tapi rutin tiap hari. Selain merugikan kesehatan, rokok juga dapat membuat anggaran menjadi membengkak apalagi saya sudah berkeluarga dan menghidupi 2 orang, harus pinter-pinter mengatur keuangan keluarga jika tidak ingin terjebak hutang hehe. Yang terakhir adalah mengenai kondisi anak saya, nggak baik juga kan jika kita merokok didekat bayi? Oleh karena itu pada kesempatan yang fitri ini saya berniat berhenti merokok, semoga niat baik saya ini direstui Tuhan YME. Baca juga: Habit, solusi untuk berhenti merokok
Kemudian yang kedua adalah mengenai gaya hidup. Kalau gaya hidup menurut saya masih ada hubungannya dengan yang pertama tadi sih, yakni berhenti merokok. Jadi yang saya maksud gaya hidup disini adalah sering keluar rumah untuk sekedar nongkrong cari suasana baru. Meskipun nongkrong saya nggak bersifat negatif juga sih sebenarnya, tiap kali nongkrong saya selalu cari pengalaman baru entah itu cerita teman atau ilmu baru yang bisa saya ambil dari teman nongkrong saya. Nah waktu nongkrong, saya kurang puas jika tanpa merokok. Oleh sebab itu sebaiknya porsi nongkrong saya agak dikurangi saja deh, biar ngerokoknya juga bisa berkurang. Bukan berarti saya sudah nggak mau nongkrong lagi sih, tapi untuk sekarang pengen mengurangi porsi nongkrong saja.
Sudah menjadi tradisi, nongkrong sambil merokok
Dan yang terakhir adalah mengenai agama. Ada dua ibadah yang ingin saya hidupkan kembali. Kenapa saya bilang “ingin saya hidupkan kembali”? Karena dulu pada saat saya masih kecil saya rajin banget melakukan ibadah ini, kemudian menginjak dewasa saya malah nggak pernah melakukan ibadah yang dulu diajarin ibu saya waktu kecil. Ibadah ini yaitu puasa senin kamis dan sholat dhuha, saya pengen banget melakukan dua ibadah sunnah itu. Dan alhamdulillah meskipun belum bisa 100% sempurna, saya berusaha untuk menjadi lebih baik saja hehe. Baca juga: Hari yang penuh aktivasi
Maaf untuk postingan saya kali ini lebih ke curhat ya hehe, sekali-kali nggak apa-apa kan biar lebih terharu saja kok hehe. dari ketiga resolusi saya tadi sudah saya lakukan semua dan saya bersyukur karena keluarga juga mensupport apa yang saya lakukan itu. Terima kasih Ibu, Ibu, Ibu, Bapak, Bini, dan Emil “si malaikat kecilku”.

6 komentar

Hihi mantap gan, Saya sih semoga lebih baik dari tahun sebelumnya

heh semoga lebih baik dari tahun ktahun

ubah gaya hidup mnjadi lebih baik lagi gan...:-)

bagi agama islam hari raya adalah hari intropeksi diri


EmoticonEmoticon