Cara Sederhana Membuat Burung Pleci Jinak

Burung pleci saat ini emang menjadi viral banget di dunia pergantangan alias dunia perlombaan kicau burung hehe. Burung yang mempunyai nama latin Zosterops atau orang biasa menyebutnya burung kacamata ini mulai familiar dimata para kicau mania baru beberapa tahun belakangan ini dan mulai meledak kepopulerannya tahun 2016 ini. Kalian bisa melihatnya langsung di setiap gantangan di daerah kalian, saya yakin burung pleci paling banyak dilombakan sampai dibagi dalam beberapa kelas.
Saya sendiri mempunyai 7 burung pleci dan yang pasti tipenya berbeda-beda. Ada yang cuma bunyi cang-cing-cang-cing, ada yang berbunyi cingcuitan orang-orang menyebutnya, ada yang sudah ngerol, ngalas, dll. Namun kali ini saya nggak mau membahas bagaimana cara membuat burung pleci ngalas karena kali ini saya akan membahas cara menjinakkan burung pleci. Baca juga: Cara gila menjadikan burung pleci ngalas
Salah satu burung pleci saya yang sudah jinak
Ada beberapa tahapan yang dapat kalian lakukan agar burung pleci kesayangan kalian bisa jinak alias nggak kesit hehe. Oiya cara ini bukan berasal dari referensi manapun tapi cara ini berasal dari pengalaman saya pribadi. Berikut saya bahas poin-poin penting agar burung pleci menjadi jinak:
  1. Malam hari ambil seluruh makanan yang ada dalam sangkar. Hal ini sengaja dilakukan untuk menimbulkan rasa lapar pada burung pleci.
  2. Mandikan burung pleci kesayangan kalian hingga basah kuyup. Hal ini bertujuan agar burung pleci tidak kelabakan terus menerus dan jika dimandiin hingga basah kuyup gini saya yakin burung pleci kalian sedikit demi sedikit bisa menjadi jinak.
  3. Setelah kalian memandikan burung pleci, gantang burung kalian di tepat yang sejuk namun tidak terkena sinar matahari. Namun setelah bulu kering kalian bisa menggantangnya di tempat yang terkena sinar matahari.
  4. Setelah bulu burung pleci kalian terlihat kering, berikan burung kalian makan pagi alias sarapan. Perlu diingat, jangan memberikan makanan dengan cara menaruh ke wadah makanan burung. Namun berikan secara langsung melalui tangan kalian dan menu makanan yang saya sarankan dlah ulat hongkong karena proteinnya yang tinggi.
  5. Setelah memberikan sarapan, gantang burung pleci di tempat yang ramai. Bisa di teras rumah atau dipinggir jalan. Jika kalian gantang dipinggir jalan harus selalu diteliti atau diamati supaya burung pleci kalian nggak hilang dicuri hehe. Baca juga: Burungku mati dimakan monster
Lakukan cara tersebut dengan disiplin, penuh kasih sayang, sabar dan ikhlas. Saya yakin burung pleci kalian bakal termehek-mehek di tangan kalain hehe. Saya nggak berani menjamin burung pleci kalian bakal jinak dengan tempo sekian karena setiap burung mempunyai karakter yang berbeda-beda, belum lagi perlakuan setiap burung saya yakin berbeda.


EmoticonEmoticon