Apa Sih Endorse Itu?

Seseorang dalam menilai orang itu macem-macem ya, mulai dari gaya hidup, fashion, materi, postur tubuh, hoby, pangkat, dll. Ada juga yang cukup menilai dari muka doang, kalau kece cocok dijadiin bahan memperbaiki keturunan terus kalau jelek cocok dijadiin bahan ejekan haha.
Sekarang sih menurut saya anak muda kalau menilai seseorang yang paling dominan biasanya lewat gaya hidup sih. Terutama gaya berpakaian dan selera musik, kalau digabung jadinya anak band hehe. Yaps, itu cuma salah satu contoh saja dari sekian banyak contoh. Kalian lihat saja mana ada anak band yang pakaiannya norak, ndeso, dan katrok? Gengsi dong ah haha. Kalaupun ada itu cuma band-band anti-mainstream yang memang sudah punya ideologi ataupun pandangan terhadap genre yang mereka anut. Kalaupun ada lagi mungkin mereka kurang bisa mengikuti arus perkembangan tren sekarang ini yang terus berubah-ubah dari hari ke hari. Baca juga: Lagu lullaby Dream Theater
Kita lihat saja sekarang banyak industri pakaian ataupun fashion yang memanfaatkan popularitas anak band atau musisi untuk meraup keuntungan atau dijadikan strategi pemasaran produk mereka. Sebut saja dengan istilah endorsment atau masyarakat luas lebih akrab dengan kata endorse. Apa sih endorse itu? Kalau arti dari kata endorse sendiri sih memberi saran, Bahasa mudahnya sih endorse itu intinya si pemilik atau bos dari industri pakaian atau apalah-apalah itu memberikan produknya secara gratis ataupun melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu pada sosok figur yang sudah terkenal dengan tujuan agar produknya tadi digunakan figur tadi waktu show, jumpa pers, dll yang melibatkan khalayak banyak.
Masih bingung ya? Hehe Saya ambil contoh begini, misalnya saya mempunyai produk kaos dengan merk SI BREWOK, supaya kaos saya tadi bisa dikenal masyarakat, saya memanfaatkan jasa artis sebut saja Ariel Noah hehe. Jadi saya memberikan kaos saya tadi ke Ariel secara gratis dengan harapan kalau misal Ariel mau konser ke daerah mana gitu kaos saya tadi dipakai. Dengan begitu kan akhirnya banyak yang mengenal produk saya SI BREWOK tadi hehe. Kalau bahasa pendeknya sih endorse itu ya promosi memanfaatkan jasa seorang figur ternama. Baca juga: Sehat itu simple, ini kuncinya...
Sebenarnya nggak cuma pakaian saja sih, itu tadi cuma sebagai contoh saja. Banyak juga produk yang bisa diendorse seperti sepatu, kacamata, tas, dll. Pokok bukan celana dalam dan bra saja deh hehe. Kan rugi barang juga kita ntar, kecuali si figur tadi mau blak-blakan menunjukin celana dalam atau bra nya tadi ke publik haha.
Praktek endorse sekarang jauh lebih mudah seiring dengan perkembangan teknologi. Bahkan setiap orang bisa melakukannya mulai dari penjual cilok, gorengan, bubur ayam, dll yang pengen promosi produknya lewat strategi pemasaran endorse sekarang bisa menghubungi artis sendiri tanpa harus ijin si manager artis tersebut. Saya ambil contoh endorse artis melalui sosial media milik facebook, yaitu si Instagram. Banyak artis yang menawarkan diri pada followernya siap meng-endorse produk para followernya tadi. 
Tyas Mirasih Jualan Produk hehe
Kalau nggak percaya coba liat saja sendiri, salah satu artis yang bisa diendorse seperti Tyas Mirasih. Lihat saja di akun Instagramnya, mulai dari pakaian sampai barang sepele seperti perhiasan semua dibabat abis sama dia. Nempel semua di tubuh seksi Tyas Mirasih mulai ujung kepala sampai bawah perut, eh maksud saya ujung kaki hehe.


EmoticonEmoticon