Info Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2016


Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali berlakukan keringanan dan intensif pajak kendaraan bermotor. Program pemutihan denda pajak ini akan diberlakukan mulai 5 September hingga 3 Desember 2016. Kebijakan bapak Gubernur Jatim ini sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor serta melakukan pendaftaran kepemilikan kendaraan bermotor, khususnya penyerahan kedua dan seterusnya.  Keringanan dan pembebasan pajak, yang kali ini diberlakukan berupa:
1. Pembebasan pokok dan sanksi administratif berupa kenaikan dan bunga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas penyerahan kedua dan seterusnya (BBN II).
2. Pembebasan sanksi administratif berupa kenaikan dan bunga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pemutihan berlaku untuk seluruh kendaraan baik roda dua, roda empat maupun plat kuning. Jadi berlaku bagi semua kendaraan.
Kebijakan pemutihan kali ini tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah, serta Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pemberian Keringanan dan Pembebasan Pajak Daerah untuk Rakyat Jawa Timur Tahun 2016 Mudah mudahan dengan program pemutihan ini, bisa memberikan keringanan pada seluruh masyarakat Jawa Timur.
Artinya:
Dengan adanya program pemutihan berarti tidak gratis 100% biaya pengurusan surat-surat kendaraan, masih ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan pada saat pengurusan seperti:
1. Biaya cabut berkas, jika melakukan pengurusan mutasi
2. Biaya PKB
3. Biaya SWDKLJJ
4. Biaya BBN I/ balik nama kendaraan baru
5. Biaya retribusi parkir berlangganan
6. Biaya kekurangan pajak ( KP)
7. biaya cetak STNK dan TNKB
8. Biaya cetak BPKB
9. Biaya pajak progresif

Yang dibebaskan pada saat ada pemutihan adalah :
1. Biaya denda PKB
2. Biaya denda SWDKLJJ
3. Biaya balik nama kendaraan second untuk biaya yang lain tetap harus dibayar
Demikian sedikit penjelasan kami mengenai program sasaran keringanan melalui pemutihan jatim 2016.


EmoticonEmoticon