Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Jika kalian jalan-jalan ke Kediri pasti tidak lepas dengan yang namanya Simpang Lima Gumul sebagai salah satu destinasi tujuan kalian. memang kurang lengkap kalau main ke Kediri tanpa mengunjungi monumen yang satu ini. didesain mirip dengan salah satu monumen yang ada di Perancis yakni L’arch D’ Triomphe dengan arsitekturnya yang sungguh menakjubkan. Yang sedikit membedakan mungkin relief-relief yang mengelilingi monumen. Di monumen Simpang Lima Gumul terpahat relief yang menceritakan tentang sejarah, kesenian, maupun kebudayaan yang ada di Kediri hingga saat ini. selain itu luas dan tinggi monumen mempunyai makna tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri yakni 25 maret 804 masehi.
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri terlihat dari atas monumen
(www.kedirikab.go.id)

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul bisa dibilang sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 6 km dari Kota Kediri atau sekitar 120 km dari Bandara Juanda Surabaya. Monumen Simpang Lima Gumul juga menghubungkan lima wilayah yang ada di Kabupaten Kediri yakni Pare, Plosoklaten, Kediri, Menang, dan Pesantren. Menurut info nih, kawasan ini nantinya akan dijadikan kota baru atau lebih tepatnya akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kediri (yang dulu sempat diisukan mau dipindah ke Pare) dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat. Emang pembangunannya sudah berlangsung lama dan sampai saat ini fasilitas atau bangunan yang sudah bisa dilihat diantaranya convention hall, gedung serbaguna, bank daerah, terminal bus dan MPU, sarana rekreasi seperti Gumul Paradise Island, arena skateboarding, pasar malam atau pasar tugu, dan terowongan bawah tanah. Baca juga: Pedasnya Mie Joedes
Monumen Simpang Lima Gumul nggak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal maupun luar Kediri. Pagi, siang, dan malam kawasan Monumen Simpang Lima Gumul tetep rame. Apalagi kalau malem minggu makin rame muda-mudi sedang berpacaran hehe.

7 komentar

kayanya tempat disana bagus bagus dan indah

bisa tuh dijadikan destinasi wisata

Sering banget datang kesini gan walau hanya sekedar nongkrong heheh memang bagus tempatnya


EmoticonEmoticon